Jumat, 02 November 2007

ESQ BUKAN ALIRAN AGAMA

Bagi pemerhati ESQ yang belum mengikuti training ESQ, dianjurkan untuk meminta Informasi langsung Kepada orang yang betul-betul mengetahui ESQ, Dengan cara ini, Anda akan mendapat Jawaban yang benar dan utuh . penjelasan dari pihak-pihak tertentu bahwa ESQ adalah aliran agama tertentu, tidak benar.

ESQ adalah lembaga training Sumber Daya Manusia dan manajemen SDM layaknya lembaga-lembaga training lain seperti Dale Carnegie, Seven Habits dan lainnya. Bukan lembaga agama. Yang menjadi pesertanya adalah masayarakat umum mulai dari pejabat, pengusaha, karyawan, perusahaan-perusahaan swasta, BUMN, instansi pemerintah, tentara, ormas, partai politik hingga guru. Kalaupun dalam penyampaian materi training ESQ terdapat ajaran Islam, itu semata karena universalitas nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an. Walaupun ESQ kerap menggunakan ayat-ayat Al Qur’an sebagai referensi, namun banyak saudara-saudara yang non muslim menjadi peserta. Mereka berbaur dengan peserta lainnya. Ini adalah bukti bahwa ESQ adalah training SDM yang bisa dihadiri oleh semua kalangan yang bersifat universal, tanpa memandang kelompok atau golongan tertentu.



ESQ bukanlah ormas, atau bahkan lembaga dakwah. Tak ada aliran apapun yang dibawa oleh ESQ. ESQ adalah oksigen, netral tapi membawa manfaat bagi lingkungannya. ESQ berusaha merangkul semua kelompok masyarakat tanpa melihat latar belakang kelompok, golongan atau apapun juga. Itulah yang ESQ lakukan selama lebih dari 5 tahun ini. Yaitu menyadarkan kepada masyarakat bahwa tidak cukup hanya berkiblat pada IQ, tapi juga kita butuh EQ dan SQ dalam membangun SDM yang paripurna.


Tidak ada komentar: